melaporkan pasal pencemaran nama baik fitnah

Apakah Fitnah Dapat Di Katagorikan Sebagai Pencemaran Nama Baik

Pencemaran nama baik adalah salah satu tindak pidana yang di dalamnya memuat penyerangan terhadap nama baik atau kehormatan seseorang yang membuat seseorang merasa mengalami kerugian dari perbuatan tersebut. Pencemaran nama baik sendiri berbeda dengan unsur pelecehan seksual karena tidak terdapat unsur seksual di dalamnya.

Kerap terjadi beberapa perdebatan dalam pasal pencemaran nama baik sendiri, Namun di Indonesia yang terkenal dengan unsur sopan santun budaya timur, pencemaran nama baik masih menjadi pasal yang paling bermanfaat untuk menjaga budaya tersebut.

Bahkan salah satu norma agama pun dapat ikut menjadi salah satu katagori pencemaran nama baik. Unsur tersebut adalah fitnah. Fitnah sendiri merupakan salah satu tindakan yang dapat merugikan salah satu pihak dengan statement yang tidak benar.

Apakah Fitnah Tergolong Sebagai Salah Satu Pencemaran Nama Baik?

Undang undang pencemaran nama baik yang mengatur khusus mengenai fitnah bahkan tertuang dalam Pasal 311 KUHP) dan Pasal 310 KUHP dimana keduanya menjelaskan:

Pasal 310 Ayat 1 Dan ayat 2 KUHP

memfitnah adalah salah satu perbuatan tindak pidana yang di dalamnya terdapat perilaku dengan maksud menistakan dengan kata kata maupun tulisan dengan tanpa seizin korban yang dinistakan. Selain itu, dalam fitnah juga tersangka tidak dapat membuktikan segala tuduhan yang di tuduhkan kepadanya.

Pasal 311

Di dalam pasal ini juga menyatakan, jika seseorang yang melakukan tindak pidana pencemaran atau pencemaran dalam bentuk tulisan masih diperbolehkan untuk membuktikan semua tuduhan dituduhkan kepada pihak terkait merupakan tuduhan yang benar adanya, Jika orang tersebut tidak dapat membuktikan tindakan tersebut maka orang tersebut dapat terjerat pasal melakukan fitnah dengan pidana penjara paling lama empat tahun.

Apakah Bisa Mempidanakan Orang Yang memfitnah Kita

Orang yang melakukan tindakan fitnah dapat di laporkan sebagai sebuah tindakan kejahatan yang telah di atur di dalam undang undang. Bahkan hukuman dalam perbuatan fitnah sendiri dapat berlangsung selama sembilan bulan lamanya atau bahkan hukuman maksimal yaitu selama empat tahun.

Jadi jika anda menjadi korban tindak pidana perbuatan fitnah, tak ada salahnya untuk anda melaporkan perbuatan tersebut guna mendapatkan keadilan atas kerugian yang Anda terima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *