Waspada! Kesalahan Memilih Susu Pertumbuhan yang Perlu Dihindari

Waspada! Kesalahan Memilih Susu Pertumbuhan yang Perlu Dihindari

Banyak orang tua yang memberikan susu pertumbuhan kepada anak mereka sebagai upaya pemenuhan kebutuhan nutrisi mereka. Memang, seperti namanya, susu pertumbuhan bisa diandalkan sebagai opsi untuk menunjang pertumbuhan anak, terutama di usia emas mereka. Hal ini dikarenakan dalam produk susu tersebut terdapat beragam kandungan nutrisi baik yang diperlukan.

Sebagaimana diketahui, saat ini ada cukup banyak produk susu penunjang pertumbuhan yang tersedia di pasaran. Adanya banyak produk susu tersebut memang secara langsung akan memudahkan Anda untuk memilih mana produk susu yang tepat untuk diberikan.

Hanya saja, ada beberapa hal terkait kesalahan membeli susu pertumbuhan pada anak yang perlu Anda ketahui dan hindari. Apa saja kesalahan yang dimaksud tersebut?

  • Tidak berkonsultasi pada dokter

Salah satu kesalahan paling awal yang umum dilakukan orang tua ketika hendak memberikan susu pertumbuhan pada si kecil adalah tidak berkonsultasi dengan dokter. Padahal, bisa dikatakan konsultasi ini menjadi poin yang cukup penting.

Dengan melakukan konsultasi pada dokter, nantinya Anda akan mendapatkan bimbingan tentang jenis dan cara memberikan susu pertumbuhan yang tepat. Terlebih, jika si kecil masih berusia beberapa bulan di mana seharusnya mendapatkan ASI secara eksklusif.

  • Tidak memperhatikan kandungan susu

Memang, secara umum, produk susu pertumbuhan memiliki kandungan beragam nutrisi yang penting bagi pertumbuhan si kecil. Beberapa nutrisi seperti vitamin, mineral, serat dan lainnya ada di dalamnya dalam jumlah yang tertentu.

Nah, kesalahan dari orang tua yang hendak membeli produk susu pertumbuhan adalah mereka tidak memperhatikan kandungan susu secara baik. Padahal, poin ini bisa dikatakan sangat penting.

Perlu diketahui bahwa anak memiliki sensitivitas yang sangat tinggi terutama pada bahan pangan. Selain itu, tidak semua anak selalu cocok dengan semua produk susu. Oleh karenanya, Anda perlu memperhatikan kandungan susu agar tidak terjadi masalah pencernaan ataupun efek buruk seperti alergi yang muncul.

  • Mengabaikan aturan pemberian

Dalam kemasan produk susu pertumbuhan, umumnya ada saran penyajian yang disertakan. Saran penyajian tersebut umumnya berisi berapa banyak takaran susu yang diperlukan serta air yang digunakan. Juga, ada aturan mengenai berapa sering si kecil diberikan susu pertumbuhan tersebut.

Hanya saja, tidak sedikit orang tua yang mengabaikan aturan tersebut. Misalnya, mereka mengurangi takaran susu dan menambah gula untuk alasan berhemat atau memberikan susu terlalu sering karena anak meminta. Kondisi semacam ini harus dihindari karena produsen tentu sudah memiliki batasan tersendiri terkait konsumsi.

Nah, beberapa hal di atas adalah apa yang perlu dihindari terkait pemberian susu pertumbuhan. Memang, Anda perlu lebih selektif dalam memilih produk susu untuk si kecil agar manfaat yang didapatkan cenderung lebih maksimal dan ia bisa tumbuh dengan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *