Ini Dia Manfaat Serat Pangan Inulin Yang Bagus Untuk Tubuh Si Kecil

Ini Dia Manfaat Serat Pangan Inulin Yang Bagus Untuk Tubuh Si Kecil

Kesehatan pada anak tentunya saat ini menjadi prioritas orang tua. Apalagi di masa pandemic saat ini, pemberian gizi yang cukup dan seimbang menjadi perihal penting yang dilakukan oleh para orang tua. Salah satu pemberian gizi ini adalah dengan memberikan asupan manfaat serat pangan inulin.

Serat inulin merupakan sejenis serat yang termasuk dalam golongan prebiotic dari jenis karbohidrat rantai panjang alami. Kecukupan gizi akan kebutuhan serat pangan idealnya dikonsumsi untuk anak di atas 2 tahun dengan takaran yang berbeda – beda sesuai dengan usia anak. Untuk anak dengan usia 2-5 tahun dibutuhkan 15 gram per hari, usia 5-11 tahun sebanyak 20 gram per hari, usia 11-16 tahun sebanyak 25 gram per hari dan diatas usia 17 tahun dan dewasa sebanyak 30 gram per harinya.

Ketika masih usia anak – anak dengan usia di bawah 2 tahun tidak terlalu diperlukan serat pangan akan tetapi dapat diberikan dalam jumlah yang kecil. Hal ini untuk mengenalkan makanan tersebut sebagai prebiotic atau kebutuhan serat per hari berdasarkan usianya. Serat pangan ini biasanya terdapat di dalam sayuran , bawang, pisang dan umbi – umbian.

Manfaat serat pangan inulin bagi anak

Ada beberapa manfaat serat pangan inulin bagi tubuh anak yang dapat anda perhatikan dengan baik seperti di bawah ini. dengan mengetahui manfaatnya tentunya anda akan mempertimbangkan kebutuhan anak akan serat inulin ini dalam konsumsi setiap harinya.

Membantu dalam penyerapan kalsium

Inulin dapat memberikan manfaat untuk membantu dalam menyerap gizi pada anak seperti kalsium dan mineral lainnya yang membantu kepadatan tulang. Seperti yang kita ketahui bahwa kalsium sangat dibutuhkan oleh anak pada masa pertumbuhannya karena ia berperan penting dalam pembentukan tulang, gigi sampai keseimbangan hormone.

Membantu mencegah obesitas

Inulin juga dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Serat inulin dapat mengontrol nafsu makan pada anak yang mengalami kelebihan berat badan sehingga sangat membantu dalam program diet anak.

Mencegah penyakit serius pada anak

Inulin dapat memperbaiki fungsi pencernaan dan mengurangi resiko dari kanker usus. Serat pangan ini juga mampu mencegah penyakit infeksi saluran pernafasan akut. Serat pangan inulin juga bermanfaat dalam menurunkan resiko anak usia dini terkena demam, dermatitis atopic dan infeksi pernafasan.

Menjaga kesehatan pencernaan pada anak

Serat inulin juga bermanfaat dalam menyehatkan saluran pencernaan anak. Ia menciptakan keseimbangan antara bakteri jahat dan baik di dalam usus. Serat inulin ini juga dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.

Itulah beberapa manfaat serat pangan inulin yang dapat menjadi perhatian penting bagi anda sebagai orang tua. Dalam memberikan makanan bagi si kecil memang kita harus lebih jeli dalam menghitung kebutuhan nutrisinya tidak hanya memberikan makanan yang asal membuatnya kenyang saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *