Memahami Perbedaan Apa itu UI dan UX Design Lengkap

Memahami perbedaan apa itu UI dan UX design lengkap merupakan hal yang wajib Anda ketahui, di mana UI sendiri sebenarnya merupakan bagian dari UX, yang mana merupakan tampilan visual desain dari suatu sistem.

UI sendiri memiliki fungsi yang sangat penting, yakni untuk memperindah tampilan dan juga berfungsi sebagai penghubung antara pengguna dengan suatu produk. Selain untuk memperindah tampilan, UI juga berguna untuk meningkatkan kepuasan dari para pengguna itu sendiri.

Perbedaan antara UI dan UX Design

Perbedaan pertama yang sangat mendasari antara keduanya adalah tujuan desain dari UI maupun UX, yang mana desain UI bertujuan untuk mempercantik tampilan produk, sedangkan UX memiliki tujuan untuk memberikan pengalaman menyenangkan ketika menggunakan produk.

Dengan demikian dapat dipahami bahwasannya desain UI lebih berfokus pada keindahan tampilan semata, sedangkan UX lebih berfokus pada kepuasan para pengguna suatu produk, atau lebih mementingkan fungsi.

Dilatarbelakangi oleh tujuan yang dimiliki oleh masing-masing desain tersebut, UI akan memperngaruhi kesan pertama dari para pengguna yang melihat produk yang Anda tawarkan, sedangkan UX akan mempengaruhi suasana atau pengalaman ketika menggunakan produk.

Proses Desain Keduanya

Selain dari tujuan kedua desain tersebut, perbedaan lain yang mendasari keduanya adalah proses perancangan desain UI dan juga UX, di mana UX didesain dengan berdasar kepada riset pengguna produk sehingga produk yang dihasilkan nantinya banyak disukai.

Proses desain UX pun pada dasarnya melibatkan peran banyak pihak, di antaranya yakni UX research dan juga melewati berbagai macam tahap desain. Oleh karenanya, wajar jika desain UX sendiri rumit dan membutuhkan cukup waktu.

Sedangkan desain UI membutuhkan riset, akan tetapi berbeda dengan desain UX, di mana riset desain UI tidak serumit UX karena hanya riset untuk membuat desain yang menarik saja, tidak melibatkan para pengguna produk itu sendiri.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwasannya desain UX lebih rumit dibanding dengan desain UI yang hanya mengedepankan kemenarikan tampilan saja.

Demikianlan ulasan terkait perbedaan UI dan UX jika Anda ingin memahami perbedaan apa itu UI dan UX design lengkap yang dapat Anda pelajari dan Anda pahami untuk menambah wawasan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *