Simak 4 Manfaat Kalsium untuk Tumbuh Kembang si Kecil

Simak 4 Manfaat Kalsium untuk Tumbuh Kembang si Kecil

Manfaat kalsium sangatlah penting untuk tubuh apalagi untuk kebutuhan pertumbuhan si kecil, kalsium mengandung nutrisi penting yang sangat berguna untuk kesehatan gigi serta tulang. Itulah mengapa orang tua perlu memenuhi kebutuhan kalsium untuk anak dengan memberikan asupan makanan yang tepat. Berikut adalah manfaat dari kalsium untuk si kecil.

1. Dapat Mengoptimalkan Tinggi Badan

Pertumbuhan tinggi badan sebenarnya terjadi sangat signifikan ketika masih anak anak, di masa itu tinggi anak bisa bertambah hingga 6 sentimeter setiap tahunnya sejak dia berusia dua tahun hingga masa pubertasnya. Kalsium pastinya sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tinggi badan sang anak.

Dengan mengonsumsi kalsium yang cukup sesuai dengan kebutuhan tubuhnya, anak tentu dapat mengalami pertumbuhan tinggi badan yang maksimal jika dibandingkan dengan anak yang kekurangan kalsium, namun, Anda juga perlu untuk mengingatkan dan mengajarkan anak untuk berolahraga rutin serta istirahat yang cukup untuk membantu pertumbuhannya.

2. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Manfaat yang satu ini sudah sering disebut sebagai manfaat terbesar dari kalsium yaitu dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Mineral yang satu ini memang sebenarnya berfungsi untuk menjaga kepadatan tulang sehingga nantinya tulang anak akan menjadi lebih kuat serta tidak rapuh.

Kalsium pada anak akan membantu pertumbuhan tulang secara optimal dalam tubuh. Fungsi ini akan terus memperkuat  tulang anak hingga ia berusia 20 hingga 25 tahun, lebih dari itu kepadatan pada tulangnya akan menurun, namun kalsium akan tetap menjaga serta dapat memperlambat proses menuju osteoporosis.

3. Membantu Meningkatkan Kecerdasan

Ternyata manfaat dari kalsium juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak dengan meningkatnya fungsi otak serta sistem sarafnya. Hal ini diakibatkan oleh kalsium yang terlibat langsung dalam proses kontraksi yang terjadi di otot dan penghantaran sinyal-sinyal pada sistem yang ada di otak.

Ini tentu akan berdampak pada anak yang mengalami kekurangan kalsium yang memiliki risiko lebih lambat dalam menyerap informasi yang didapatkan, manfaat ini juga akan lebih optimal jika orang tua mendukung asupan kalsiumnya dengan nutrisi penting lainnya untuk anak, seperti DHA serta asam sialat.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Selanjutnya, ternyata kalsium juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak karena kalsium dapat mengaktifkan enzim-enzim yang dimiliki tubuh untuk dapat menghasilkan energi serta memperkuat sistem imun tubuh anak. Ahli menyebutkan bahwa anak yang kekurangan kalsium cenderung lebih lemah dan lesu daripada orang yang tercukupi.

Demikianlah beberapa manfaat kalsium yang harus orang tua ketahui untuk pertumbuhan si kecil yang optimal, namun hal yang perlu Anda ingat, masih banyak kebutuhan yang harus Anda penuhi untuk si kecil dan ajari pula si kecil olahraga dengan rutin dan hidup yang sehat agar tumbuh kembangnya berjalan sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *