Cegah Bahaya Vaginitis Pada Wanita

Sahabat gogomall – Vaginitis adalah jenis peradangan vagina yang disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari bakteri yang secara alami ditemukan di vagina dan mengganggu keseimbangan alami. Jika tidak segera ditangani akan menimbulkan bahaya vaginitis dan komplikasi lainnya. Pada wanita usia reproduksi kemungkinan terkena vaginitis, akan tetapi vaginitis dapat mempengaruhi wanita dari segala usia.

Penyebabnya tidak sepenuhnya dipahami, akan tetapi aktifitas tertentu seperti seks tanpa kondom atau seringnya melakukan douching dapat meningkatkan risiko atau bahaya vaginitis. Vaginitis adalah infeksi vagina paling umum pada wanita. Infeksi vagina paling umum pada wanita usia subur termasuk wanita hamil.

Meskipun bukan penyakit menular seksual (PMS) ada beberapa perilaku seksual yang dapat meningkatkan peluang untuk vaginitis. Pada wanita yang tidak pernah melakukan hubungan seksual juga dapat memiliki vaginitis.

Apa Itu Vaginitis?

Vaginitis adalah pembengkakan, rasa gatal, rasa terbakar atau infeksi di vagina yang dapat menyebabkan beberapa kuman yang berbeda. Jenis vaginitis yang paling umum adalah Bacterial Vaginosis (BV), ragi dan jamur. Terkadang Trichomoniasis (Trich). Trichomoniasis disebabkan oleh protozoa parasit yang disebut Trichomonas Vaginalis. Vaginitis adalah infeksi vagina yang umum dan dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan bakteri di vagina atau ditularkan melalui hubungan seksual.

Beberapa Penyebab Vaginitis Yang Harus Dihindari

Vaginitis bakteri terjadi akibat pertumbuhan berlebih dari 1 bakteri ke beberapa bakteri secara alami ditemukan di vagina. Biasanya bakteri baik (Lactobacilli) melebihi bakteri jahat (Anaerob). Akan tetapi jika terlalu banyak bakteri Anaerobik, maka dapat merusak keseimbangan alami mikroorganisme di vagina dan dapat menyebabkan Bacterial Vaginosis (BV).

Vaginitis tidak dianggap sebagai penyakit kelamin (STD) karena infeksi ini tidak disebabkan oleh patogen asing seperti virus (HIV) atau bakteri (sipilis atau raja singa). Namun sebaliknya infeksi terjadi ketika bakteri Anaerob tertentu yang biasanya ditemukan di vagina memiliki kesempatan untuk berkembang.

Penyebabnya bisa termasuk Gardnerrela Vaginalis, Atopobium Vaginae dan strain dari bakteri Prevotella dan Morbiluncus. Bakteri ini biasanya dilakukan pengecekan oleh sistem kekebalan tubuh yang lebih mungkin dari keasaman vagina (diukur dengan pH vagina).

Baca juga mengenai kesehatan yang membahas penyakit stroke, jantung dan lain – lain di gogomall, seperti terapi air hangat sembuhkan stroke. Dapatkan dr laser harga murah disini.