Cara Merawat Tanaman Hias Spider Plant

Tidak hanya cantik penampilannya, tanaman yang disebut tanaman laba-laba latin ini tumbuh dengan baik bahkan di dalam ruangan. Agar pertumbuhannya optimal, ada beberapa pendekatan yang perlu Anda lakukan saat merawat tanaman laba-laba.

 

Daun Chlorophytum tipis, berwarna hijau dengan guratan putih dan terkadang bunga putih kecil yang menarik sebagai tanaman hias. Padahal, tanaman yang sering digantung di dalam ruangan ini tak hanya bisa dijadikan sebagai penghias ruangan, tapi juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

 

Tanaman laba-laba mampu menyaring udara kotor di dalam ruangan, menghilangkan polutan kimia (formaldehida dan xilena), menyerap bau dan menghasilkan udara bersih. Saat check-in, kamar kost terasa segar dan santai.

 

Cara Merawat Tanaman Laba-laba yang Benar di Koster

Selain tampilannya yang cantik dan manfaatnya untuk kesehatan, tanaman laba-laba merupakan tanaman yang cepat tumbuh dan mudah perawatannya. Tidak perlu sering terkena sinar matahari langsung dan dapat tumbuh.

 

Namun, seperti tanaman pada umumnya, Anda perlu merawat tanaman laba-laba Anda agar tumbuh lebih baik dengan beberapa cara – laporan dari Real Simple dan The Spruce – di bawah ini. Dengan begitu, anak kos bisa merasakan manfaat yang sebesar-besarnya.

 

Baca Juga ant infestation in yard

 

1. Tidak perlu sinar matahari

Tanaman laba-laba sebenarnya tidak rewel. Ia bisa lebih memilih lingkungan yang cerah yang tidak terlalu panas atau terkena sinar matahari langsung. Namun, tetap tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari langsung.

 

Bliss Bendall, ahli hortikultura bersertifikat NYBG merekomendasikan untuk sering membalik pot jika hanya satu sisi yang terkena sinar matahari. Dengan cara ini, semua aspek akan berkembang dengan baik. Juga, jangan letakkan tanaman laba-laba di depan pemanas ruangan atau AC.

 

2. Bilas secukupnya

Meski bisa tumbuh di segala kondisi, jangan lupa menyirami tanaman laba-laba. Namun, jagalah agar tanah tetap lembab.  Untuk melakukan ini, tempatkan tanaman laba-laba di pot yang dikeringkan dengan baik. 

 

Untuk mengetahui kapan harus menyirami tanaman laba-laba, sentuh tanah terlebih dahulu. Jika permukaan tanah 2,5 cm terasa kering, saatnya menyirami tanaman. Ingat, jangan biarkan tanah terlalu basah. Biasanya seminggu sekali sudah cukup.

 

3. Semprot dengan air

Sedangkan untuk perawatan rutin, menurut Bliss Bendall cukup menyemprot tanaman laba-laba dengan air suling 24 jam sebelumnya. Juga, jangan menyiram tanaman laba-laba di bawah sinar matahari langsung, karena tanaman akan terbakar (layu). Usahakan penyemprotan di pagi hari sebelum matahari terbit atau dua jam sebelum matahari terbenam.

 

4. Potong daun yang layu

Selain kelembapan dan cahaya, perhatikan kondisi daunnya. Jika daun menguning atau hijau limau, tanaman laba-laba menerima terlalu banyak air. Untuk memperbaikinya, letakkan tanaman di tempat teduh dan potong daun yang menguning. Tunggu sampai tanah mengering sebelum disiram.

 

Daun yang berubah menjadi coklat warnanya lebih buruk daripada kuning. Sebab, salah satu tandanya, airnya terlalu banyak, terutama air ledeng yang kandungan garamnya tinggi. Karena itu, yang terbaik adalah membilas tanaman laba-laba hanya dengan air suling.

 

Tidak apa-apa asalkan ujung daunnya berwarna cokelat. Untuk mengatasinya, cukup potong bagian yang berwarna coklat sampai habis. Selanjutnya, rawat kembali tanaman tersebut.

 

5. Semprotkan insektisida pada hama

Tanaman laba-laba jarang diserang hama. Namun, beberapa serangga yang sering menyerang tanaman hias dalam ruangan juga bisa menjadi hama tanaman laba-laba. Misalnya kutu daun, kutu putih, lalat putih dan tungau laba-laba (spider mite).

 

Untuk mengatasinya, coba semprotkan air pada daun yang dihinggapi hama terlebih dahulu. Umumnya, metode ini bekerja dengan baik untuk kutu daun. Pada saat yang sama, untuk menghilangkan hama lain, semprotkan pestisida. Anda dapat mencoba insektisida alami untuk menghindari menghirupnya, seperti cuka (cuka).

 

Info Tentang Tanaman Lainya Kunjungi https://marylandlawnandgarden.com/