Klaim Asuransi Mobil Ditolak? Kok Bisa?

Tidak semua klaim asuransi mobil disetujui. Ada beberapa kondisi yang mengakibatkan klaim Anda ditolak oleh perusahaan penyedia asuransi. Lalu apa saja penyebab klaim asuransi mobil ditolak? Simak informasi berikut:

  1. Polis Lapse

Penyebab pertama yang mengakibatkan klaim asuransi Anda tertolak adalah kondisi polis yang tidak aktif atau lapse. Hal tersebut bisa terjadi jika premi belum Anda bayar dan sudah melebihi batas maksimum sehingga perusahaan asuransi tidak bisa melakukan pembayaran atas klaim yang Anda ajukan.

2. Kerusakan Terjadi Sebelum Kejadian

Pihak perusahaan asuransi juga akan menolak klaim Anda jika kerusakan pada mobil Anda sudah ada sebelum mendaftarkan asuransi. Jadi, jangan pernah berpikir untuk memanipulasi penyedia untuk melakukan klaim atas kejadian yang tidak benar-benar terjadi.

3.      Anda Melanggar Aturan yang berlaku

Jika Anda termasuk pengemudi yang melanggar aturan, maka bersiaplah klaim asuransi akan ditolak oleh pihak perusahaan.  Beberapa pelanggaran yang banyak dilakukan adalah mengemudi namun tak memiliki SIM dan dalam kondisi mabuk. Atau bisa juga klaim Anda ditolak karena terbukti tidak menaati lalu lintas sehingga terjadi kecelakaan.

4.      Polis Tidak Dalam Masa Tunggu

Selanjutnya alasan kenapa perusahaan asuransi all risk menolak pengajuan klaim Anda dikarenakan polis tidak dalam masa tunggu. Masa tunggu disini berarti periode satu bulan  setelah polis tersebut terbit. Pada masa ini nasabah belum bisa mengajukan klaim.

5.      Kerusakan yang Disengaja

Anda juga tidak bisa mengajukan klaim atas kerusakan yang disengaja. Seperti pemiliknya sengaja menabrakan mobil atau sengaja memukulnya agar lecet. Kerusakan akibat mesin kemasukan air saat banjir juga keunikan besar akan ditolak sehingga Anda harus berhati-hati saat melewati daerah yang tergenang air.

6.      Terdapat Aksesori Tambahan yang Tidak Dilaporkan

Wajib bagi Anda sebagai nasabah untuk melaporkan aksesori tambahan yang dipasang pada mobil. Ini dilakukan agar nilai pertanggungan bisa diketahui dengan cepat dan membuat proses klaim Anda bisa disetujui nantinya.

7.      Dokumen Tidak Lengkap

Persyaratan wajib yang harus Anda penuhi ketika ingin mengajukan klaim adalah dokumen. Pihak perusahaan akan mereview berkas Anda sebagai bahan pertimbangan mereka dalam melakukan pencairan dana. Jadi pastikan dokumen Anda lengkap ya.

Demikianlah beberapa penyebab klaim asuransi ditolak oleh perusahaan. Untuk menghindari hal di atas, pastikan semua berjalan dan apa adanya dan jangan memanipulasinya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *