5 Peluang Karir Program Studi Finance

Bidang keuangan atau financial menjadi bidang yang penting untuk semua perusahaan. Karena itu, peluang karir untuk lulusan program studi finance pun terbuka lebar.

Setiap perusahaan pastinya memerlukan tenaga finansial yang bisa mengatur arus keluar masuk keuangan perusahaan supaya operasional tak terganggu. Melihat fungsi penting bagian finansial di suatu perusahaan, tentunya program studi finance bisa jadi pilihan yang bisa kalian perhitungkan ketika  memilih program studi perkuliahan. Program studi finance adalah pilihan tepat untuk kalian yang ingin terjuk sebagai profesional bidang keuangan.

Peluang Kerja Program Studi Finance

Kalian tak perlu khawatir mencari peluang karir yang tepat nantinya ketika lulus dari program studi finance. Ada banyak sekali prospek kerja dan profesi yang bisa kalian pilih setelah lulus program studi finance. 

Financial Analyst

Peluang kerja ini termasuk salah satu profesi favorit untuk mahasiswa lulusan program studi finance. Karena itulah tingkat persaingan pun terbilang cukup tinggi. Seorang financial analyst tugas utamanya adalah merekomendasikan keputusan bisnis perusahaan. Untuk membuat keputusan bisnis, kalian mesti mempertimbangkan beragam aspek penting seperti tren pasar, jenis transaksi, status keuangan hingga kekuatan finansial di sektor bisnis.

Banker

Tugas dan tanggung jawab bankir dari program studi finance ini berhubungan dengan analisis kelayakan pemberian kredit, pemasaran produk bank, dan lain sebagainya. Profesi bankir sangat menggiurkan. Peluang karir ini mempunya tingkat persaingan cukup rendah namun menawarkan gaji tinggi.

Risk Analyst

Tugas utama risk analyst adalah melakukan penilaian risiko keuangan perusahaan. Penilaian ini meliputi berbagai aspek seperti investasi, biaya operasional perusahaan, dan lain sebagainya. 

Corporate Finance

Prospek kerja berikutnya adalah sebagai corporate finance. Peluang karir ini akan banyak kalian temui di perusahaan kecil hingga besar. Tanggung jawab profesi ini antara lain mencari dan mengatur modal untuk menjalankan usaha, memprediksi untung rugi, mengatur strategi finansial perusahaan hingga mempersiapkan financial statement atau laporan keuangan.

Auditor

Prospek kerja selanjutnya ialah menjadi auditor. Tugas utama profesi ini adalah melakukan proses audit laporan keuangan yang membutuhkan ketelitian tinggi dan detail oriented.  

Referensi: Harisenin.com Kelas Terbaik Pilihan Indonesia