Cara Membuat Desain Cover Buku yang Unik

Desain cover buku yang unik tentu bisa jadi salah satu inspirasi saat Anda ingin mencetaknya. Terlebih apabila ingin menggunakannya sehari-hari. Oleh sebab itu, pastikan membuatnya berbeda dari lainnya. Tidak ada salahnya juga membuat desain cover sesuai karakter sendiri.

Inilah Cara Desain Cover Buku

Membuat cover buku tentu tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Pasalnya, ada beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu. Agar nantinya hasil akhirnya jauh lebih menarik. Untuk itu, simak beberapa cara mendesainnya di bawah ini.

  1. Ketahui Target Pembaca

Sebelum menentukan cara desain sampul buku, maka sangat penting bagi Anda untuk mengetahui target pembaca dahulu. Hal ini sangat mudah sekali yakni dengan mengeceknya dari judul sekaligus sinopsisnya. Selanjutnya, tentukan gaya desainnya.

Dengan mengetahui target pembaca, maka Anda sudah bisa memahami seperti apa konsep desain covernya. Tentu saja proses pembuatannya dapat disesuaikan dengan target tersebut. Jangan sampai antara target pembaca dan desain tidak berkaitan.

  1. Petakan Desain

Selanjutnya, maka usahakan untuk memetakan desain sampul buku yang ingin Anda buat. Apakah nantinya ingin mengambil tema anak-anak, orang tua, ataupun remaja. Tentu saja hal ini perlu dipertimbangkan dengan target pembacanya.

Pasalnya, pemetaan desain tidak hanya berkaitan dengan pemilihan warna saja. Anda juga perlu memahami foto, font, simbol, dan berbagai elemen desain lainnya. Agar nantinya cover yang dihasilkan sesuai dengan target pembacanya.

  1. Tentukan Warna

Sebelum mencetak buku di jasa cetak buku terdekat, sangat penting untuk mengetahui apa saja isi buku yang ingin didesain tersebut. Baik itu buku nonfiksi maupun buku fiksi. Hal ini sangat penting dilakukan agar nantinya lebih mudah menentukan warna sampulnya.

Contohnya saja membuat buku dengan isi cerita misteri atau horor. Dalam hal ini akan sangat cocok untuk menggunakan warna merah atau hitam. Berbeda dengan buku bertema remaja, maka gunakan warna-warna cerah seperti merah muda.

Itu tadi beberapa penjelasan tentang desain cover buku. Tentu sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan beberapa caranya di atas sebelum mencetaknya. Dengan begitu, sebuah buku akan terlihat jauh menarik dan pastinya berbeda dari lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *