Strategi Sukses Interview Untuk Fresh Graduate Programmer

Apakah Anda merupakan orang yang baru lulus kuliah di bidang IT khususnya untuk pemrogram? Jika iya, maka mungkin sekarang Anda sedang sibuk mencari pekerjaan pada bidang tersebut. Saat memasukkan lowongan pekerjaan dan sudah melewati tahap seleksi, tentu Anda akan bersiap untuk melakukan interview pada perusahaan teknologi di mana tempat melamar.
Apakah Anda sudah siap untuk melakukan interview? Jika belum, berikut beberapa tips wawancara yang bisa dicoba.

Menyusun Strategi

Hal pertama kali yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah menyusun sebuah strategi. Anda harus melakukan survei pada posisi yang diincar pada perusahaan tersebut. Karena Anda adalah seorang pemrogram, maka posisi utama yang diincar adalah deskripsi pekerjaan yang masih berhubungan dengan pembuatan program atau aplikasi dan pengembangan software.
Selain itu Anda juga harus memperbarui daftar riwayat hidup yang dimiliki, sehingga perusahaan tertarik kepada Anda hanya dengan melihat sekilas CV yang di lampirkan. Kemudian Anda juga perlu memiliki pengalaman dibidang pemrogram. Jika belum punya pengalaman, Anda bisa mencoba untuk magang terlebih dahulu di sebuah perusahaan, dimana dengan magang Anda jadi punya pengalaman untuk siap masuk ke dunia kerja.

Membuat Notes

Penting bagi Anda yang sedang sibuk mencari pekerjaan untuk mencatat setiap ada panggilan interview yang masuk. Apalagi bagi Anda para pelamar yang membuat surat lamaran lebih dari satu pada waktu yang bersamaan. Penting juga bagi Anda untuk menyimpan kontak perusahaan atau minimal orang yang akan mengundang untuk wawancara.
Selain membuat catatan, penting juga bagi Anda untuk menAndai kalender waktu interview. Untuk membuat Anda tidak lupa melakukan interview pada jadwal yang sudah ditentukan.

Bila Perlu Lakukan Follow Up

Setelah selesai melakukan sesi interview atau wawancara, Anda tidak ada salahnya melakukan follow up. Langkah ini tentu saja wajar dilakukan agar Anda bisa diterima oleh perusahaan tersebut.. Namun pastikan melakukan follow up secara wajar, bukan malah melakukan teror pada perusahaan dengan mengirim email apalagi sampai melakukan spam. Meskipun Anda adalah lulusan baru tetap harus menjadi orang yang profesional dimanapun tempatnya.

Miliki Jaringan

Meskipun Anda seorang yang baru lulus kuliah bukan berarti tidak bisa mendapatkan pekerjaan dengan cepat apalagi untuk bidang pemrograman. Hal ini bisa Anda lakukan dengan membanguan koneksi mulai dari kenalan hingga kerabat untuk mendapatkan informasi seputar karir di sebuah perusahaan yang Anda inginkan.

Dengan melakukan hal ini, maka Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Anda bisa mulai dengan membuka obrolan bersama kenalan, kemudian bawa topik obrolan ke pembicaraan seputar pekerjaan. Tunjukkan gelagat bahwa Anda memang tertarik pada satu bidang pekerjaan yang diobrolkan. Namun pastikan untuk tidak terlalu berterus terang, bilamana Anda memang sedang mencari koneksi agar bisa masuk ke sebuah perusahaan.

Nah itu tadi beberapa tips untuk bisa sukses melakukan interview bagi Anda para lulusan baru. Bagi yang sedang mencari lowongan pekerjaan di bidang IT Anda bisa mencoba memasukkan lamaran pekerjaan ke Nextgen. Nextgen menawarkan beberapa lowongan kerja programmer fresh graduate untuk bidang teknologi informasi salah satunya pemrogram, sistem analis, project manager, IT Tester dan masih banyak lagi. Menariknya beberapa lowongan tersebut, memang dikhususkan untuk Anda para lulusan baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *