Membuat proposal pengajuan dana kegiatan

Jenis Proposal Bisnis

Sebelum Anda membuat  proposal sampul yang menarik, Anda harus terlebih dahulu mengetahui struktur template proposal bisnis Anda. Hal ini berguna untuk memudahkan dan memudahkan pembaca dalam memahami maksud dari arahan yang diajukan.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti untuk  membuat proposisi tindakan yang tepat.

Baca juga: Jasa desain logo

 

1.  Judul yang Disarankan

Judul adalah format pertama  yang harus Anda sertakan terlebih dahulu. Judul adalah pemberi informasi utama tentang arah  proposal.  Halaman judul berisi nama atau judul  aktivitas yang disarankan yang ingin Anda sarankan.

 

2. Background Proposal

Setelah membuat halaman judul pada header, buat halaman khusus untuk background proposal. Konteks sangat penting untuk dicantumkan dalam sebuah proposal karena  pada dasarnya akan dijelaskan dari argumen hingga proposal.

 

3. Objek Proposal

Untuk menjelaskan tujuan, halaman dapat dikaitkan dengan konteks proposal. Miliki tujuan untuk membuat proposal terdengar lebih inklusif. Penjelasan menjelaskan tujuan kegiatan dengan cara yang dirancang dan diurutkan dengan cermat. Mulailah dengan yang paling penting, tujuan spesifik dari rencana aksi yang diusulkan.

 

4. Usulan Nama Kegiatan dan Subyek

Usulan Kegiatan  ini mencakup kegiatan dasar yang akan dilaksanakan, seringkali disertai dengan program kegiatan yang lengkap.

 

5. Formulir proposal kegiatan

Uraikan seperti apa urutan kegiatannya. Rangkaian kegiatan ini merupakan rangkaian acara yang paling penting karena merupakan puncak dari implementasi usulan-usulan yang diajukan.

 

6. Usulan Peserta 

Peserta adalah setiap orang yang nantinya dapat berpartisipasi dalam kegiatan atau acara yang diusulkan ini. Peserta dapat dibatasi atau terbuka untuk umum, dengan persetujuan.

 

7. Pelaksana proposal

Memberikan informasi tentang orang-orang yang berpartisipasi dalam kegiatan. Secara umum, pelaksana adalah organisasi atau kumpulan kelompok.

 

8. Lokasi usulan kegiatan

Lokasi dan kegiatan menjelaskan di mana acara akan berlangsung. Data-data ini sangat penting dan tidak boleh dikacaukan, perlu diperjelas. Oleh karena itu, diperlukan otorisasi sebelumnya.

 

9. Usulan Penyusunan

Menjelaskan susunan program kegiatan yang akan dilaksanakan dari  pembukaan acara sampai dengan akhir acara.

 

10. Susunan panitia usul

Menjelaskan susunan panitia yang dibentuk sebelum usul dibuat. Oleh karena itu, komposisi komite ini harus ditentukan sebelum  proposal dibuat untuk memfasilitasi mandat selanjutnya.

 

11. Rencana anggaran

Uraian rinci tentang usulan, pengeluaran dan kebutuhan dana yang akan digunakan untuk  kegiatan.

 

12. Proposal Penutup 

Bagian penutup berisi pernyataan yang menjelaskan keinginan agar semua pihak dapat berpartisipasi dalam pelaksanaan usulan kegiatan  yang direncanakan. Ditandatangani oleh ketua panitia dan mencari tahu siapa yang bertanggung jawab atas acara yang diusulkan.

Untuk lebih memudahkan kamu bisa mendownload contoh proposal pengajuan dana kegiatan organisasi secara gratis