Tips Menentukan Sadel Sepeda Yg Nyaman & Cepat

Memilih sadel (loka duduk) sepeda yg sempurna membutuhkan waktu & perhatian, tetapi hasilnya merupakan sepeda yang lebih nyaman & mungkin lebih cepat.

Selain stang & pedal, sadel (dudukan) merupakan komponen sepeda yg selalu bersentuhan menggunakan tubuh. Terutama sadel, lebih bersifat personal, karena disitulah kita lebih poly menempatkan & menopang tubuh kita. Setiap orang memiliki preferensi yg bhineka, karena postur tubuh, gaya bersepeda, tujuan bersepeda, dan lainnya.

Memakai sadel yg galat akan membuat pengalaman bersepeda yg nir menyenangkan dan menaruh efek besar , sakit pantat, paha lecet, cepat capek, dan pada pemakaian jangka panjang, sadel yg salahmungkin mampu mengganggu kesehatan. Jadi sangat penting untuk menerima sadel yang ideal buat kita sendiri.

Kebanyakan sadel dibentuk buat anatomi tubuh secara umum & unisex, bahkan cenderung buat pria. Bahkan kadang sepeda baru dari pabrik memberi sadel yg kadang seadanya buat berhemat harga, & jua lantaran kebanyakan sadel pula akan diganti sesuai selera & ketenangan pesepedanya sendiri-sendiri.

Berikut ini beberapa tips buat mencari sadel atau loka duduk yg ideal bagi masing-masing pesepeda:1. Bentuk sadel

Kenapa & bagaimana efek sadel yang sempit & lebar? Sebelum melihan bahan yang digunakan, secara generik sadel terbagi atas:A. Sadel sempit (sadel performance)

Bentuk dudukan sepeda performance lebih tipis, pipih, & panjang. Biasanya ditemui pada sepeda balap, sepeda gunung, & sepeda touring, dan umumnya dikombinasikan menggunakan bahan yang relatif keras. Beberapa laba menggunakan memilih sadel sepeda yg sempit:Mengurangi ukiran menggunakan paha (chafing). Pada sadel lebar, saat kaki mengayuh pedal, kemungkinan pangkal paha akan tergesek-gesek dangan dudukan sepeda, yang kelamaan akan membuat kulit lecet. Sadel yg sempit akan mengurangi goresan ini, walaupun masih sanggup terjadi. Memakai celana sepeda, lotion, cream, dan lainnya akan menciptakan kaki/paha lebih nyaman.Kekuatan bersepedaKekuatan kaki akan berbeda, saat kita menekan pedal dalam posisi kaki lebih kedap dengan posisi kaki yg lebih terbuka, hal ini akan berkaitan dengan Q-Factor atau jarak kaki kiri & kanan dalam pedal. Mengganti sadel tidak akan mengganti Q-factor, namun sanggup mengubah kelurusan kaki terhadap pedal. Posisi paha yg lebih kedap dan lurus akan menghasilkan kekuatan otot kaki yg lebih maksimal . Baca juga: Pengaruh Q-Factor dalam performa sepeda.AerodinamisBentuk sadelnya sendiri nir memberikan banyak pengaruh terhadap aerodinamis sepeda, lantaran sadel posisinya terdapat di bawah tubuh dan tersembunyi berdasarkan angin. Tetapi sadel yg ramping, runcing & panjang, bisa menciptakan posisi tubuh pesepeda lebih merunduk, menyempit buat membelah angin dan mengurangi tahanan angin terhadap kecepatan sepeda.Efisiensi tenagaSeperti yang kita tahu, adanya per dan suspensi, tekanan udara ban yang empuk akan mengurangi efisiensi tenaga, lantaran komponen ini akan menyerap sebagian tenaga kayuhan. Termasuk jua sadel sepeda, walaupun mungkin efeknya tidak sebanyak suspensi, tetapi sadel yg empuk akan menyerap dan menciptakan posisi tubuh yg nir kaku ketika mengayuh pedal.Sadel Brooks lebar pada sepeda lipat BromptonB. Sadel lebar (sadel cushioning)

Sadel lebar dibuat buat posisi duduk yang lebih nyaman, lantaran beban akan menyebar ke lebih banyak permukaan. Tempat duduk sepeda yg lebar lebih banyak ditemui pada sepeda kalem, sepeda kota, sepeda listrik, sepeda anak, atau jenis sepeda yg nir terlalu menomor satukan kecepatan. Bukan berarti sadel lebar nir bisa cepat, tetapi membutuhukan usaha yang lebih banyak dibandingkan sadel sempit.

Kekurangan sadel lebar adalah nir/kurang mendapatkan kelebihan sadel sempit misalnya yg dijelaskan pada atas.

UCI memiliki standard-standard spesifik buat bentuk, berukuran, berat komponen sepeda yg bisa dipakai dalam perlombaan sepeda balap. Standard internasional buat sadel buat sepeda yang dipakai dalam perlombaan sepeda standard UCI (ARTICLE 1.3.014), mengharuskan sadel memiliki panjang minimum 24 centimeter & maksimum 30cm, dengan sudut kemiringan posisi belakang ke depan nir lebih menurut 9 derajat.2. Padding dan cover sadel

Padding adalah lapisan pengisi sadel. Bahan isian sadel kebanyakan terbuat dari Polyurethane foam (busa Polyurethane) yg sanggup mempunyai kepadatan dan kelembutan yang berbeda-beda. Semakin lembut akan semakin nyaman diduduki. Seperti duduk pada sofa yg lembut, bagian atas sadel mampu mengikuti kontur tubuh kita, tetapi dalam pemakaian jangka panjang, sadel yg sangat lembut akan terasa panas & lembab. Lantaran sadel & lekuk tubuh menyatu, sebagai akibatnya nir ada ruang atau celah udara untuk lewat.

Berbeda dengan sadel yang nisbi keras dan kaku, lebih terdapat ruang & celah buat udara lewat, sehingga nisbi lebih kering & nir terlalu panas. Perhatikan pula covernya, ada yg berbahan kulit, sintetis, plastik, kain, waterproof, berpori & sebagainya. Sebaiknya pilih yg tidak licin dengan celana sepeda atau celana yg akan seringkali kita pakai.

Duduk di sofa lembut dan kursi keras, akan menciptakan kekuatan dorongan kaki yg tidak selaras, lantaran kestabilan posisi tubuh waktu kita berkiprah. Makanya buat sepeda performa, sadel semakin tipis dan cenderung tanpa suspensi atau busa.3. Sit Bone

Sit bone adalah tulang duduk, bagian berdasarkan tulang tubuh kita yg kita gunakan buat menumpu berat badan ketika pada posisi duduk. Tidak hanya setiap orang memiliki bentuk dan jeda sit bone yg tidak selaras, posisi tubuh ketika bersepeda juga menciptakan perbedaan jarak tumpuan tulang dalam sadel. Tumpuan tulang duduk dalam jok/sadel ketika posisi tubuh tegak, menunduk, & tiarap akan berbeda-beda.

Pada bike fit, jarak antar tulang duduk (sit bone) akan dipakai menjadi parameter buat memilih sadel yg sesuai. Ada indera meteran khusus, gel, bench dipakai buat menghitung ukuran dan jarak sit bone. Tapi kit ajuga bisa memakai metode sederhana dengan memakai karton, kertas yg diberi rona atau carbon, mendudukinya beberapa waktu & melihat jejak tulang duduk yg ditinggalkan.Cara sederhana menghitung sit bone menggunakan kardus (gambar: bikefit.com)

Lebar sadel yang kita pilih harus lebih lebar menurut lebar/jeda sit bone kita.Lebar sadel = lebar sit bone + XX adalah jarak yg direkomendasikan oleh pembuat sadel sepeda, atau secara umum, yang sanggup biasa digunakan buat memilih sadel sepeda yang sesuai:Sepeda santai : Lebar sadel = lebar sit bone + 40mmSepeda sport: Lebar sadel = lebar sit bone + 20mmSepeda perlombaan : Lebar sadel = lebar sit bone + 10mm4. Saddle cutout

Cutout pada sadel merupakan bentuk bolongan dalam bagian tengah sadel. Cutout ini tidak hanya buat mengurangi berat sadel, tetapi jua berkaitan dengan tekanan pada pubic arch (lengkung pubis). Ketika menurut sisi kesehatan bersepeda dipercaya bisa menjepit saraf pada bokong, industri sadel menjawab menggunakan membuat lubang (cut out) dalam sadel.Sadel Prologo menggunakan cutout

Pubic arch merupakan bagian tengah dari pangkal tulang pinggul yg bentuknya seperti melengkung ke dalam. Adanya cut out disebut mampu mengurangi tekanan dalam lapisan lunak pangkal paha & saraf dalam bagian tulang panggul, sekaligus mengurangi memperlancar peradaran darah pada bagian tersebut. Sama seperti klaim terhadap impak sepeda terhadap penjepitan saraf & impotensi yg masih pro & kontra, saddle menggunakan cut out pula nir selalu positif manfaatnya. Banyak juga pesepeda yang merasa jika menggunakan cut out membuat dudukan sepeda lebih nir nyaman, menciptakan bokong tewas rasa (numb), & sebagainya. Pengaruhnya tidak sinkron kepada setiap orang, bahkan menggunakan ukuran & postur tubuh yang sama.

Bentuk dan posisi pubic arch (lengkung pubis) dan sit bone (tulang duduk) dalam pria & wanita juga relatif berbeda. Perempuan cenderung mempunyai anatomi panggul yg lebih lebar.5. Sadel sepeda wanita

Postur tubuh wanita mempunyai bentuk yang tidak selaras, dan bentuk sepeda dan sadel pada umumnya dibuat untuk unisex (pria dan perempuan). Ada beberapa perempuanyang nyaman-nyaman saja, ada juga yang kurang nyaman dengan bentuk sepeda generik ini. Tidak hanya bentuk frame yang tidak sinkron, sadel untuk wanita pula memiliki desain yg tidak sinkron. Sadel spesifik wanita bentuknya lebih lebar, & juga memiliki cut out yang lebih lebar.Q Angle – Sudut Q pada perempuandan pria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *