6 Cara Menentukan Ban Sepeda Gunung Supaya Nyaman & Kondusif Mengendarai Kendaraan

Liputan6.com, Jakarta Di pasaran masih ada ribuan jenis ban sepeda gunung, mulai dari harga yg murah hingga harga yang sangat mahal. Oleh karenanya, cara menentukan ban sepeda gunung sendiri sanggup sebagai tantangan sendiri yg terkadang membuat banyak pecinta sepeda gundah.

Sebab, keliru-galat cara menentukan ban sepeda gunung bisa mengakibatkan performa saat berkendara sebagai nir maksimal . Bahkan kesalahan cara menentukan ban sepeda gunung mampu menyebabkan bahaya yg berdampak cukup fatal.

Apabila dipandang secara kasat mata, ban sepeda gunung memang mempunyai pola ban yg relatif kasar. Hal ini berbeda dengan ban sepeda yg biasa dipakai di jalanan aspal. Memang cara menentukan ban sepeda gunung diperuntukkan jalanan off-road yg banyak terdapat lumpur & batuan, pada mana membutuhkan daya cengkeram yg sangat bertenaga supaya tidak tergelincir.

Dengan cara memilih ban sepeda gunung yang sahih, maka selain menjamin keamanan saat mengendarai kendaraan, pula bisa mencegah cedera. Selain itu, berbagai manfaat bersepeda akan lebih maksimaldidapatkan apabila kondisi ban telah sinkron.

Untuk membahas lebih pada mengenai bagaimana cara memilih ban sepeda gunung yang tepat, maka Liputan6.com di bawah ini telah merangkum menurut aneka macam asal, tentang bagaimana cara menentukan ban sepeda gunung tersebut, Minggu (4/10/2020).1. Sesuaikan ukuran rodaAdria Noguera Soldevila dari Spanyol (kiri) bersaing dalam lomba sepeda gunung Himalaya MTB pada dekat Mandi, Himachal Pradesh, India utara (4/10). Lomba ini dimulai di Shimla 29 September & selesai 7 Oktober di Dharamshala. (AFP Photo/Sajjad Hussain)

Umumnya berukuran roda dalam sepeda gunung yaitu 26″, 27.5″, dan 29″. Namun ada pula yg memiliki ukuran roda 24″ atau 20″. Selain itu, berukuran pelek/rim pula memilih ban sepeda apa yang bisa dipasang.  Ban ukuran 27.lima″ tidak akan mampu dipasang dalam pelek 26″, berukuran ban wajibsama menggunakan berukuran pelek.

Memilih ukuran ban yang lebih akbar tidak hanya menciptakan sepeda terlihat lebih besar /tinggi. Ban sepeda gunung 29″ jua mampu membuat kecepatan sepeda betambah. Sebab pada satu putaran ban 29″ lebih jauh dibandingkan satu putaran ban 26″. Tapi memang, berukuran ban sepeda yang diameternya lebih kecil akan membuat sepeda lebih ringan, lebih gampang diputar, sehingga lebih ringan buat menanjak.dua. Pilih pola kembang ban yg tepatSeorang pebalap beraksi pada Indonesian Enduro Series di KTH Bike Park, Puncak, Bogor, (29/5/2016). Ini adalah kompetisi enduro sepeda gunung pertama pada Indonesia. (Bola.com/Arief Bagus)

Tapak ban akan menentukan berapa banyak traksi yang bisa diberikan ban. Ada beberapa kategori pola kembang ban yang tepat & sanggup diubahsuaikan menggunakan syarat jalan, diantaranya:

Jika medan yang dilalui merupakan permukaan berbatu tajam, maka perlu tapak ban dengan pola kembang yang poly knob kecil berdekatan.

Apabila kondidi jalan tanah kering, atau aspal, jenis tapak ban terdapat baiknya yang lebih tipis & gerigi lebih kedap. Pola kembang tapak ban ini akan memaksimalkan kekuatan pada pedal sehingga lebih efisien buat mendorong sepeda.

Jalan lumpur, lembek, dan licin

Untuk syarat tadi, pola kembang dalam tapak ban ada baiknya yang semakin terbuka, kemudian dilengkapi knob yang tinggi. Knob yang tinggi tadi mampu semaki mencengkeram tanah.

Untuk jalan ini nir perlu knob yg terlalu tebal apabila ingin menerima kecepatan tinggi. Jarak knob tidak perlu terlalu tinggi. Kemudian bila meda banyak menikung, pertimbangkan tapak menggunakan knob samping yang tebal.3. Ukuran ban depan dan belakang nir wajibsamaIlustrasi bersepeda pada pegunungan. (dok. unsplash/Novi Thedora)

Cara memilih ban sepeda gunung selanjutnya mungkin sporadis disadari. Anda nir perlu terpaku menggunakan penggunaan ban yg sama dalam bagian depan & belakang. Sebab dengan penggunaan berukuran ban yang tidak sama pada bagian depan dan belakang, justru bisa saja mengoptimalkan kekuatan hingga kecepatan sepeda.4. Perhatikan bahan banPebalap mengendarai sepeda melintasi sepanjang bukit pasir dalam etape 1 edisi ke 14 balap sepeda gunung Titan Gurun 2019 di sekitar Kota Merzouga, Maroko, Minggu (28/4/2019). Trek Titan Gurun 2019 sepanjang 640 km menghubungkan antara Merzouga dan Maadid. (Franck Fife / AFP)

Semakin majunya teknologi, jua memengaruhi penerapannya pada produksi ban. Saat ini banyak pembuat ban yg melakukan poly penelitian dan pengembangan terutama pada bagian bahan karet yg digunakan. Berikut penjelasannya:

Jenis ban sepeda gunung yg biasa digunakan buat balapan, umumnya menggunakan jenis single compound lantaran menawarkan cengkeraman yang superior. Tetapi, kelemahan menurut ban senyawa tunggal ini yaitu lebih cepat aus atau botak hanya sesudah dipakai beberapa kali.

Dual compound (karet ganda)

Sedangkan dalam jenis sepeda gunung non-racing atau bukan keperluan balap, banyak yang menggunakan dual compound. Ban ini karetnya lebih keras di bagian tengah, & akan membantu sepeda bergulir lebih cepat & tapi ban akan lebih tahan lama.

Triple compound (tiga adonan)

Sedangkan jenis ban ini merupakan yg paling mahal lantaran memakan ketika lebih usang buat proses produksinya. Ban triple compound merupakan jenis terbaik lantaran pemakaian bahan karet yg berbeda. Bahkan ban dengan bahan ini ideal dalam banyak sekali medan, baik jalan menurun & menanjak, lurus atau menikung.lima. Perhatikan disparitas ban tubeless dengan biasaPebalap mengendarai sepeda saat sesi latihan balap sepeda gunung Titan Gurun 2019 pada kurang lebih Kota Merzouga, Maroko, Sabtu (27/4/2019). Trek Titan Gurun 2019 sepanjang 640 km menghubungkan antara Merzouga dan Maadid. (Franck Fife / AFP)

Ada dua jenis ban, yaitu ban menggunakan bagian dalam (tube) dan ban tubeless atau yang jua dikenal dengan ban UST (Universal System for Tubeless). Ban tubeless adalah ban yang nir memakai ban pada. Ban tubeless menggunakan sealant yg merupakan sejenis lem perekat & perlu pelek yg cocok.

Memang ada poly keunggulan berdasarkan ban tubeless seperti bahan karet yg lebih padat sehingga meminimalisir angin bocor dari ban. Kemudian energi buat memutar roda lebih efisien lantaran nir ada energi yg hilang dampak ukiran dengan ban pada.6. Sesuaikan menggunakan budgetPara pebalap mengendarai sepeda melintasi sepanjang bukit pasir pada etape 1 edisi ke 14 balap sepeda gunung Titan Gurun 2019 pada kurang lebih Kota Merzouga, Maroko, Minggu (28/4/2019). Trek Titan Gurun 2019 sepanjang 640 km menghubungkan antara Merzouga dan Maadid. (Franck Fife / AFP)

Dari seluruh cara menentukan ban sepeda gunung ini, hal terakhir yang perlu diperhatikan merupakan penyesuaian kondisi keuangan. Jangan memaksakan buat menentukan ban yg bagus tetapi harganya mahal. Terutama apabila itu penggunaan sepeda hanya buat mengendarai kendaraan santai & nir melalui medan yg ekstrim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *