10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (modern Tahun 2021)

Apa perbedaan sepeda listrik menggunakan sepeda biasa?

Sepeda listrik merupakan sepeda yg ditambahkan menggunakan motor listrik atau dinamo sebagai pembantu penggeraknya. Secara umum, cara kerja sepeda listrik dibagi menjadi dua, yaitu pedelec & throttle.

Pedal electric cycle atau pedelec mempunyai bentuk seperti sepeda biasa yg ditambahkan motor. Motor tersebut berfungsi buat memberikan bantuan saat mengayuh pedal supaya sepeda dapat berjalan lebih ringan dan gampang. Sementara itu, throttle memakai grip yang diputar buat menjalankan motor penggerak layaknya sepeda motor. Karena itu, sepeda listrik bisa melaju lebih cepat daripada sepeda biasa.

Sepeda listrik dilengkapi menggunakan baterai buat menggerakkan motornya. Tiap produk sepeda listrik mempunyai jenis baterai & kapasitas yg tidak sama. Makin akbar kapasitas baterainya, makin jauh jeda yang mampu ditempuh sang sepeda listrik. Selain itu, sepeda listrik nir mengeluarkan gas emisi sehingga dievaluasi lebih ramah lingkungan.

Untuk jarak tempuh yang nisbi dekat, memakai sepeda listrik merupakan pilihan terbaik. Hal ini karena Anda nir perlu mengeluarkan poly tenaga buat bepergian pulang pergi. Harga dan biayaperawatan sepeda listrik jua relatif terjangkau. Apalagi, ketika ini Anda tidak membutuhkan SIM buat mengendarai sepeda listrik. Lantaran itu, poly orang yang lebih memilih sepeda listrik daripada sepeda motor.

Sepeda listrik memiliki banyak jenis dengan spesifikasi yg tidak sinkron juga. Agar tidak keliru menentukan, yuk kenali terlebih dahulu cara menentukan sepeda listrik.

Terdapat beragam jenis sepeda listrik yg dijual pada pasaran, seperti sepeda listrik hybrid, sepeda gunung, sepeda lipat, & lain-lain. Untuk mengetahui perbedaannya lebih lanjut, simak penjelasan ini dia.

Sepeda listrik hybrid, cocok dipakai di jalanan perkotaan

Sepeda listrik hybrid adalah gabungan antara sepeda gunung & sepeda balap yg ditambahkan menggunakan motor. Sepeda ini sangat nyaman digunakan buat bersepeda di perkotaan lantaran dapat melaju menggunakan baik di jalanan beraspal. Karena itu, sepeda listrik hybrid poly diminati oleh rakyat kota.

Berkat donasi energi motor, sepeda listrik hybrid dapat melaju lebih cepat daripada sepeda hybrid biasa. Dengan demikian, sepeda listrik jenis ini sangat pas dipilih sang Anda yang ingin memulai bike to work. Selain itu, masih ada jua sepeda listrik hybrid yg mempunyai keranjang penyimpanan.

Sepeda lipat listrik, fleksibel dan mudah untuk dibawa perjalanan

Sama misalnya sepeda lipat dalam umumnya, sepeda lipat listrik mempunyai bagian yang dapat dilipat sebagai akibatnya mudah dibawa bepergian. Lantaran itu, sepeda lipat listrik dapat sebagai pilihan terbaik untuk Anda yg sukabersepeda pada mana pun. Anda bahkan dapat membawanya waktu pulang liburan atau saat dinas usang di luar kota. Namun, dibalik kemudahannya, sepeda lipat listrik mempunyai harga yg cenderung lebih mahal dibandingkan dengan jenis lainnya.

Sepeda listrik gunung, memudahkan ketika menyusuri jalanan off-road

Sepeda listrik gunung atau electric mountain bike (e-MTB) mempunyai energi yang lebih kuat daripada jenis sepeda listrik lainnya. Hal ini karena e-MTB dirancang buat melewati jalan pegunungan yg menanjak, terjal, & penuh rintangan. Dengan donasi energi listrik yang lebih kuat, mengayuh pedal sepeda sebagai lebih ringan saat jalan menanjak. 

Baterai sepeda e-MTB umumnya diletakkan lebih rendah dan terdapat di sentra sepeda. Hal ini ditujukan agar sepeda lebih stabil & mudah dikendalikan. Kebanyakan baterai e-MTB juga tahan air sebagai akibatnya tetap aman meski sepeda melewati genangan.

Sepeda listrik comfort & cruiser, nyaman dipakai untuk bersantai

Sepeda listrik comfort & cruiser memiliki bentuk misalnya sepeda klasik menggunakan sadel yg lebih lebar dan empuk. Sama menggunakan sepeda comfort dan cruiser biasa, sepeda listrik jenis ini memiliki posisi duduk yang tegak sebagai akibatnya nyaman dipakai. Jadi, sepeda ini sangat cocok dipakai buat bersantai sambil melihat pemandangan taman kota atau menyisir pantai.

Sesuaikan kapasitas baterai menggunakan jarak tempuh

Baterai yg digunakan pada sepeda listrik merupakan baterai isi ulang. Di antara komponen sepeda listrik, baterai memiliki harga yang paling mahal. Hal ini karena baterai merupakan komponen terpenting yg bekerja sebagai penyuplai listrik ke motor.

Makin besarkapasitas baterai, makin jauh juga jeda tempuhnya. Akan tetapi, kapasitas baterai yg akbar juga dapat menambah bobot sepeda listrik. Apabila sepeda listrik terlalu poly menunda beban, motor akan bekerja lebih cepat & baterai pun akan lebih cepat habis. Lantaran itu, kapasitas baterai sahih-sahih wajibdipertimbangkan saat memilih sepeda listrik.

Terdapat beberapa jenis baterai yang dipakai sepeda listrik. Berikut jenis-jenis baterai yg acapkali dipakai:Lithium-ion (Li-ion): Jenis baterai yg paling banyak dipakai di sepeda listrik. Lebih tahan lama& bertenaga dibandingkan menggunakan baterai lainnya. Akan tetapi, baterai ini tidak bisa diisi berlebihan maupun terlalu kosong.Lithium cobalt (LCO): Baterai ini memiliki bentuk yg sangat ringkas & ringan dengan tenaga besar .Lithium-ion polymer (LiPo): Tidak memerlukan pelindung baterai karena nir mengandung cairan pada dalamnya. Karena itu, baterai ini lebih stabil & mudah dibentuk.Lithium manganese (LiMg204): Baterai lithium terbaru yang jua dipakai pada mobil hybrid Nissan. Baterai ini dianggap menjadi baterai terbaik karena mampu membuat tenaga yg banyak & bertahan usang. Tetapi, baterai ini memiliki harga yg paling mahal daripada baterai lithium lainnya.Sealed lead-acid (SLA): Baterai SLA atau aki kemarau ini gampang didaur ulang dan harganya lebih murah. Akan tetapi, baterai ini membutuhkan perawatan ekstra lantaran lebih sensitif dibandingkan baterai lainnya. Ditambah lagi, baterai ini mempunyai bobot kurang lebih 14 kg sehingga menambah beban sepeda listrik.Nickel-cadmium (Ni-Cd): Baterai ini mempunyai kapasitas yg lebih akbar daripada baterai SLA. Namun, baterai ini tidak ramah lingkungan karena nir dapat dibuang dengan aman dan sulit didaur ulang. Hal ini karena baterai ini mengandung kadmium atau logam putih yang bisa mencemari lingkungan.Nickel-metal hydride (NiMH): Baterai NiMH dinilai lebih ramah lingkungan dibandingkan menggunakan baterai NiCD. Meskipun demikian, baterai ini tetap wajibmelalui proses khusus buat didaur ulang.

Pilih motor penggerak yang sinkron menggunakan tujuan penggunaan

Motor penggerak atau dinamo jua merupakan bagian krusial pada sepeda listrik. Biasanya, motor diletakkan pada sentra roda depan atau belakang. Ada pula pembuat yang meletakkannya pada tengah kerangka sepeda. Dengan adanya motor, sepeda listrik dapat melaju lebih cepat.

Terdapat 2 jenis motor yg generik dipakai, yaitu brushed dan brushless. Motor brushed memiliki harga yang lebih murah daripada brushless. Akan namun, motor brushed umumnya dipakai pada alat-alat dengan mekanisme yg mudah seperti skuter listrik.

Sementara itu, motor brushless atau brushless DC electric motor (BLDC) lebih poly dipakai oleh para pembuat sepeda listrik. Hal ini lantaran motor BLDC bisa membuat kecepatan & torsi akselerasi yg lebih baik. Selain itu, motor BLDC pula tidak bising serta lebih gampang dirawat.

Berdasarkan peletakannya, motor BLDC terbagi sebagai dua, yaitu BLDC mid drive & BLCD hub. BLDC mid drive diletakkan di gear depan atau crankset sepeda, sedangkan BLDC hub ditaruh di pusat roda. Kebanyakan produsen sepeda listrik memakai BLDC hub lantaran harganya lebih murah dan dinilai lebih andal. Akan tetapi, sepeda listrik menggunakan BLDC hub mempunyai bobot yg lebih berat daripada yg menggunakan BLDC mid drive.

Pertimbangkan juga total bobotnya

Di pulang kemudahannya waktu digunakan menggowes, sepeda listrik mempunyai bobot yang lebih berat daripada sepeda biasa. Sepeda biasa mempunyai bobot lebih kurang 10–13 kg, sedangkan bobot sepeda listrik berkisar 18–22 kg, bahkan lebih. Hal ini karena masih ada komponen tambahan dalam sepeda listrik, seperti mesin, baterai, dan lain-lain. Selain itu, sepeda listrik jua memiliki roda yg lebih akbar supaya bisa menopang sepeda menggunakan baik.

Sepeda lipat listrik banyak digemari karena mampu ditenteng naik turun tangga atau dibawa menyeberang JPO. Anda tentu pula ingin membawa sepeda lipat listrik ke mana-mana, bukan? Karena itu, pilihlah yang bobotnya ringan, misalnya 20 kg atau kurang. Namun, apabila Anda nir berencana buat membawanya, Anda nir perlu memikirkan kasus bobot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *