Mau Ikutan Gowes? Ini 6 Tips Menentukan Sepeda Buat Pemula

Bersepeda kinijadi kegiatan yang digemari poly orang. Selain menyehatkan tubuh, bersepeda jua menjadi ajang sosialisai & memperluas pertemanan. Tak hanya digunakan buat berolahraga, sepeda jua menjadi indera transportasi ke tempat kerja alias bike to work.

Meski bersepeda sekarang jadi tren, membeli sepeda wajibsinkron dengan karakter. Artinya, sepeda sanggup dipakai sesuai target & kebutuhan engkaudalam bersepeda. Dan yg paling penting, nyaman digunakan. Jangan hingga kamu keliru memilih sepeda.

Nah, bagi engkauyg pemula dan ingin ikutan gowes, ini tips menentukan sepeda yg baik.

1. Mengenali jenis sepeda.

Sebelum menetapkan membeli sepeda, usahakan kenali jenis sepeda terlebih dahulu. Sepeda memiliki berbagai macam jenis berdasarkan kegunaannya, seperti sepeda gunung (MTB), road bike, BMX, sepeda lipat (folding bike), dan lainnya. Masing-masing sepeda mempunyai medannya tersendiri.

– Sepeda gunung dilengkapi dengan dengan shock breaker buat meredam getaran & hentakan ketika melalui jalanan yg tidak mulus. Sesuai menggunakan namanya, sepeda ini cocok digunakan pada jalan tanah, berbatu, atau jalan yg tidak homogen. Bahkan, sepeda ini bisa dipakai untuk melibas tanjakan.

– Road bike memiliki bobot ringan menggunakan ban halus, serta kemudi yg dibuat khusus supaya dapat dipacu menggunakan kecepatan tinggi. Sesuai namanya, sepeda ini diperuntukkan buat medan beraspal.

– BMX atau bicycle motocross, dirancang lebih kecil & seringkali dipakai buat melakukan atraksi freestyle. Sepeda ini memiliki roda yg nisbi mini(20 inci) & tidak banyak fitur-fitur mekanik yg membuatnya sederhana dan gampang dirawat.

– Sepeda lipat atau folding bike tentunya bisa dilipat dan gampang dibawa ke mana-mana. Didesain menggunakan frame dan roda yg mini(20 &16 inci), bobotnya ringan, mudah dilipat sebagai akibatnya lezatdibawa buat perjalanan atau traveling.

2. Memilih merek yg berkualitas. 

Merek tentunya sebagai salahsatu pertimbangan sebelum membeli barang. Begitu juga dengan sepeda. Bahkan poly pesepeda yg fanatik terhadap merek tertentu. Tidak dapat dipungkiri bahwa nama akbar sebuah merek memang berpengaruh dalam kualitas produknya.

Ada banyak merek luar negeri maupun merek lokal yang patut dipertimbangkan sebelum membeli sepeda. Untuk merek lokal contohnya terdapat Polygon, Thrill, United, Pacific, & masih poly lainnya.

Memilih sepeda harus disesuaikan menggunakan berukuran tubuh penggunanya. Hal ini agar sepeda nyaman digunakan dan tidak berbahaya. Untuk tinggi badan pada bawah 170 centimeter dapat menggunakan frame S atau 16 inci, lalu tinggi badan 171-175 cm dapat menggunakan M atau 18 inci, sedangkan tinggi badan pada atas 176 centimeter bisa memakai frame ukuran L atau 20 inci. Biasanya masing-masing merek sepeda menyediakan rekomendasi berukuran sepeda. Kamu tinggal pilih saja ukuran yang sesuai.

4. Pertimbangkan part dan group set. 

Hal yang jua krusial dipertimbangkan sebelum membeli sepeda adalah part dan group set. Setelah memilih ukuran sepeda yang diinginkan, kemudian mengetahui banyak sekali tingkatan class set patut dilakukan sebelum memilih pilihan sepeda.

Di Indonesia, rata-rata pembuat sepeda memakai merek Shimano pada group set-nya. Group set ini juga memiliki strata seperti, Tourney, Altus, Acera, Alivio, dan Deore. Tentunya, semakin baik kualitas class set, harganya pula semakin mahal.

Berikutnya adalah menyesuaikan tinggi badan dengan berukuran ban sepeda. Untuk sepeda gunung, ada 3 berukuran ban sepeda yaitu 26, 27.5, dan 29. Sedangkan dalam sepeda lipat menyediakan dua berukuran ban, yaitu 20 dan 16. Penggunaan ban yg sesuai bertujuan agar pesepeda tetap merasa nyaman dan aman saat berkendara. Roda sepeda juga berpengaruh dalam percepatan.

Yang terakhir adalah memilih sepeda sesuai dengan bujet. Setiap sepeda tentunya memiliki harga yg majemuk, tergantung merek sepeda dan tingkatan group set yg terpasang pada sepeda. Setelah memilih memilih 5 tips sebelumnya, yang paling krusial merupakan memilih sepeda sesuai menggunakan bujet yang dimiliki. Jangan memaksakan membeli sepeda hanya karena gengsi, ya. Pertimbangkan harga dan kebutuhanmu pada bersepeda.

Nah, itulah tips bagi pemula yg ingin membeli sepeda. Semoga tips ini sanggup membantumu supaya tidak galat membeli sepeda nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *