Memilih Sepeda Balap

Tips & Trik Memilih Road Bike

Zona Sepeda – Road bike yang lebih kita kenal menggunakan sepeda balap, akhir-akhir ini menggunakan semakin maraknya penggemar sepeda baik sepeda gunung maupun sepeda balap, Zona Sepeda mencoba memberikan Tips sederhanan & citra bagaimana memilih Road Bike yg sinkron menggunakan kebutuhan kita. Tips ini adalah kelajutan Tips Memilih Jenis Sepeda yang sudah diulas zona sepeda.com.

Road bike lebih akrab dikenal dengan sepeda balap, dengan bentuknya yang khas & kegunaannya lebih buat medan jalan aspal (road).  Roadbike jika telah mengalami modifikasi mampu digunakan buat medan non aspal (lebih dikenal menggunakan cyclocross).

Pertanyaannya Bagaimana menentukan Roadbike? hal pertama yg paling fundamental menjawab pertanyaan tersebut adalah cost (dana) yang akan kita gunakan, & yang kedua merupakan fungsi sepeda tersebut.

apabila ke 2 pertanyaan tadi telah mampu kita perkirakan selanjutnya merupakan memilih frame atau rangka roadbike, kenapa frame begitu krusial dalam pemilihan sepeda jenis ini, lantaran frame (rangka) sepeda merupakan bagian pokok sepeda kita “The Heart Of Bike” pemilihan frame yg salahakan menjadikan fatal buat ketenangan pada bersepeda.

Seiring dengan perkembangan tekhnologi dalam pembuatan bahan dasar frame (rangka) sepeda,  dipasaran banyak sekali tersebar sepeda dengan bahan dasar frame berupa Carbon (High-Tensile) Steel, Chromoly (Chrome Molybdenum) Steel, Alloy (allumunium), Carbon Fiber &  Titanium.

Untuk Frame menggunakan bahan dasar besi (Carbon Stell) dan Chromoly sekarang sudah banyak ditinggalkan karena selain berat bahan ini nir tahan terhadap karat (korosi), meski sudah lamaditinggalkan frame besi ini masih banyak kita temui lantaran harganya yg cukup murah dan poly diburu kolektor sepeda.

Untuk Frame Alloy atau yang lebih kita kenal sebagai Allumunium merupakan jenis frame yang paling poly dijadikan pilihan karena beratnya yang ringan dan tahan terhadap korosi, frame menggunakan bahan dasar jenis ini adalah pilihan buat Basic Level Bikes (pemula).

Untuk Frame Carbon Fiber poly dipakai roadbike jenis buat Mid Level (menengah), frame ini poly kita temui dipasaran lantaran harganya yg tidak terlalu mahal & terlalu ringan.

Titanium Frame adalah Top Level (atas) biasa digunakan buat pembalap sepeda profesional, berat frame sanggup mencapai hanya 700gr.

Diskripsi diatas merupakan gambaran awal tentang bahan dasar frame, zonasepeda mencoba memberikan gambaran detail buat masing-masing jenis frame RoadBike.Carbon (High-Tensile) Steel-besi.Material yang paling poly digunakan diframe sepeda yg poly kita jumpai, keunggulan frame dengan jenis ini kuat nir gampang patah karena terbuat menurut besi, kelemahannya berat dan korosi (karat). Roadbike bila memakai jenis ini, pastilah berat frame menjadi bertambah akan tetapi sangat kuat buat anda yg menggemari endurance (kekuatan).

Chromoly (Chrome Molybdenum).Lebih ringan dibandingkan dengan High Tensile Steel karena telah adalah adonan antara besi & carbon, frame ini lebih dikenal menggunakan Chromoly frame. Frame Roadbike jenis ini masuk kategori Basic Levels Bikes, harga termasuk murah & tahan usang. Lebih Tahan terhadap zat oksidasi pada bandingkan full Steel (besi).

Alloy (allumunium)Inilah frame menggunakan bahan dasar paling banyak pada gemari selain harga yg murah, kualitas frame alloy lebih ringan dibanding steel atau chromoly. Roadbike poly mengaplikasi frame ini. Masuk dalam kategory Mid level (menengah) sudah layak buat anda yang serius ingin menekuni olahraga roadbike (balapsepeda). Banyak orisinil pabrik sepeda mengkombinasi dengan carbon buat komponen fork (supensi) depan dan seatpost (dudukan sadle).

Carbon Frame – Specialized Tarmac SL

Carbon FiberTermasuk Frame kategori Top Level, frame dibuat menggunakan teliti tiap sambungan antar main tube, side tube dan top tube nyaris nir terlihat. kelemahan frame menggunakan bahan dasar nir sekuat alloy sangat ringkih jika jatuh, dalam kondisi ekstrim sanggup patah. Banyak pabrikan telah menerapkan tekhnologi monocoque construction lebih dikenal menggunakan frame dibuat menggunakan cara dicor.Pembalap sepeda profesional banyak yang menggunakan frame jenis ini, berat yang sangat ringan menjadi kelebihan frame Carbon Fiber.

Layak dijadikan pilihan bagi anda yg memiliki dana berlebih, sebanding keuntungan dan kenyamanan memakai roadbike jenis ini.

Titanium Frame – Cervelo Road Bike

Titanium FrameFrame menggunakan bahan dasar Titanium super ringan, penghasil sepeda balap (roadbike) italia poly yang mengaplikasi frame menggunakan bahan dasar Titanium, harga tergolong sangat mahal. Bagi anda yg ingin mencoba sebagai pembalap profesional frame Roadbike jenis ini layak diperhitungkan.

Diskripsi bahan dasar Frame sepeda diatas bisa dijadikan gambaran awal untuk menentukan Roadbike yang anda sukai tentunya disesuaikan menggunakan kebutuhan dan cost (biaya ).

Setelah Frame Terpenuhi barulah kita melihat komponen apakah yg pas & sinkron dengan kebutuhan roadbike kita. Komponen pada dasarnya dibagi pada dua bagian, yaitu grups set dan wheelset.Grups Set terdiri menurut FD, RD, Shifter, BB, CrankSet, Brakes, Sproket dsbnya. Sedangkan wheelset adalah komponen roda terdiri berdasarkan rims (pelek), HUB, ban (tire), dsbnya.

Sesuiakanlah ukuran frame dengan tinggi badan anda rata-homogen orang indonesia memakai ukuran X, XS, S, M, ML dan L, pemilihan berukuran frame sangat berpengaruh dalam ketenangan saat bersepeda dengan road bike. Anda bisa memakai Bike Fit buat memilih berukuran frame yg sesuai menggunakan diri anda.

Bawalah hasil ukuran tadi ke toko sepeda langganan ada & pilihlah ukuran frame yang sesuai, selain kenyamanan pemilihan ukuran frame yg tepat bisa menghindari cidera. Tentukan anda akan merakit atau membeli fullbike (sesuaikan menggunakan budget anda).Happy Cyling,

Tips dan Trik Memilih Road Bike

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *