Kenali 12 Jenis Sepeda & Cara Memilihnya Bagi Pemula

Akhir-akhir ini, banyak sekali bermunculan jenis sepeda yang menghiasi jalanan kota. Dari jenis sepeda lipat, sepeda fixie, sepeda gunung, hingga sepeda onthel pun hadir mengisi jalanan Kota. Bahkan jalur spesifik sepeda pun sudah banyak disediakan oleh pemerintah.

Sepeda sanggup dibilang masih sebagai alat transportasi favorit sejak dulu sampai ketika ini. Banyak juga sekarang ini yg mulai berbondong-bondong mempunyai sepeda. Bahkan kiniini sepeda nir hanya buat olahraga atau hobi saja, tapi juga telah sebagai gaya hidup.

Tak sedikit orang yg mulai menjadikan sepeda menjadi alat transportasi sehari-hari. Oleh karena itulah, alat transportasi satu ini banyak digandrungi sang seluruh lapisan rakyat. Dari anak-anak hingga dewasa sekalipun. Kepopulerannya itulah yg membuat keluarnya jenis sepeda.

Nah, bahasan kali ini Qoala akan membahas macam-macam sepeda yang perlu engkauketahui, dan cara menentukan sepeda buat kamu yang mau membeli sepeda. Hal ini bertujuan agar kamu pada menentukan jenis sepeda sinkron dengan kebutuhan & fungsinya.Jenis-jenis Sepeda Berdasarkan KegunaannyaSumber Foto: Odua Images via. Shutterstock

Setelah pulang populer dan menjadi tren, jenis sepeda sekarang beragam macamnya. Bahkan yang terbaru juga mulai bermunculan jenis sepeda listrik. Jenis sepeda ini terkadang menciptakan kita gundah harus menentukan jenis sepeda misalnya apa yang sinkron. Nah, sebelum membahas lebih jauh lagi cara memilih sepeda misalnya apa, kamu perlu mengenal dulu macam-macam model sepeda berdasarkan manfaatnya. Simak ya!1. Sepeda Lipat (Folding Bikes)

Jenis sepeda pertama yang perlu engkautau merupakan sepeda lipat atau folding bikes. Tipe sepeda satu ini bisa dibilang sepeda yg memiliki poly penggemar. Padahal dari namanya saja sudah menciptakan kita heran, memang terdapat sepeda yg sanggup dilipat? Ternyata memang ada.

Jadi, jenis sepeda lipat ini adalah sepeda yang mampu dilipat sebagai akibatnya memudahkan pengguna buat menyimpan atau membawanya ke mana-mana. Bahkan sekarang, KRL (Kereta Rel Listrik) saja sudah mengizinkan bagi penumpang yang membawa jenis sepeda satu ini.

Tipe sepeda lipat ini juga cocok buat rute pendek & jalanan beraspal. Tipe sepeda ini pula cocok buat kamu pergi ke kantor, kuliah, atau sekadar buat jalan-jalan.

Jenis sepeda lipat ini dibedakan sebagai beberapa berukuran, yaitu berukuran standarnya terdapat pada 16 inci & 20 inci, dan ukuran besarnya ada pada 24 inci. Kalau soal harga bergantung dengan merknya. Pasalnya terdapat jenis sepeda lipat menggunakan harga yang fantastis. Tapi baliklagi, sesuaikan saja menggunakan kebutuhan dan kegunaan dari sepeda lipat itu sendiri.2. Fixie Bike

Jenis sepeda fixie ini umumnya banyak dipakai dikalangan remaja, lantaran desainnya yang unik & colorful. Secara penglihatan, sebenarnya sepeda fixie ini memiliki roda seperti roda sepeda balap. Bahkan frame sepeda ini jua terlihat seperti sepeda balap. Hanya saja itu, fungsi jenis sepeda fixie ini nir sama menggunakan sepeda gunung.

Hal lainnya mengenai tipe sepeda fixie ini merupakan mekanisme konvoi roda yg nir bebas atau dengan istilah lain tidak seperti sepeda pada umumnya. Bagaimana mekanismenya? Jadi, kalau dikayuh ke depan, pedal dan ban sepeda ini pula ikut berkecimpung mengikuti gaya yg dimuntahkan.

Tidak hanya itu saja, jikalau sepeda pada umumnya nir sanggup dikayuh ke belakang, beda halnya dengan sepeda satu ini. Jenis sepeda fixie ini kita sanggup menggerakan roda ke depan maupun ke belakang. Dan menariknya lagi, tipe sepeda ini tidak memiliki rem tangan. Jadi jikalau mau berhenti, kamu hanya perlu menggerakan roda ke arah berlawanan.

Sejarah berkata bahwa di Velodrome, dulunya sepeda fixie ini biasa dipakai untuk balapan sepeda menggunakan track spesifik. Tapi kinijenis sepeda fixie ini lebih seringkali dipakai buat sehari-hari.3. Sepeda Angkut

Jenis sepeda satu ini kerap kali dikenal sepeda onthel atau sepeda angkut. Sepeda ini umumnya dipakai buat mengangkut barang ataupun orang. Sepeda onthel ini termasuk jenis sepeda classic.

Menariknya, sepeda ini bisa membawa beban yg lumayan berat. Hal itu dikarenakan diameter roda yg akbar & rangka besi yg kuat juga. Pada zaman dahulu, sepeda ini umumnya digunakan buat mengantar surat & barang angkutan lainnya.

Kalau sekarang, jenis sepeda Onthel ini termasuk barang antic & poly diburu para kolektor sepeda, makin tua usia sepeda, semakin mahal harganya. Meskipun terkesan jadul atau tapi tipe sepeda ini masih memiliki pendaftar walaupun hanya mampu dipakai sekedar buat jalan-jalan saja.4. Sepeda Tandem

Jenis sepeda satu ini terbilang unik, namanya sepeda tandem. Sepeda tandem ini merupakan sepeda yg didesain khusus buat digunakan sang beberapa orang sekaligus. Jenis sepeda ini kerap kali ditemui pada tempat-loka wisata seperti, pantai, taman bermain, dsb.

System pedal yang terhubung satu sama lain menciptakan penggunanya wajibmengayuh secara bersamaan. Jadi, cocok sekali dipakai bersama keluarga, sahabat, kerabat, atau pasangan. Biasanya tipe sepeda ini mampu digunakan hingga 2-4 pedal. Semakin poly pedalnya semakin ringan mengayuhnya.lima. Sepeda Kota (City Bike)

Sepeda Kota atau city bike di Indonesia kerap kali dianggap jenis sepeda wanita. Mengapa demikian? Mungkin karena umumnya sepeda ini memiliki keranjang pada depannya. Padahal, jenis sepeda kota ini mampu digunakan oleh perempuanjuga laki-laki . Bahkan di Negara luar contohnya Jepang, tipe sepeda ini biasa digunakan buat bekerja.

Di Indonesia sendiri, jenis sepeda ini ditemukan pada pusat kota. Pemerintah poly menyediakan sepeda ini buat digunakan secara generik di beberapa sentra kota Jakarta. Tetapi memang membutuhkan semacam aplikasi buat menggunakannya.6. Touring Bike

Buat kamu yg sukaberpetualang, jenis sepeda satu ini cocok buat engkaumiliki. Touring bike atau Sepeda touring ini merupakan sepeda yg didesain spesifik buat melakukan bepergian jeda jauh. Selain itu, sepeda touring ini mempunyai rangka sepeda yg kuat sebagai akibatnya dapat membawa barang-barang bepergian engkauyg disematkan pada sisi bagian sepeda.7. MTB (Sepeda Gunung)

Jenis sepeda MTB atau Mountain Bike ini cocok dipakai pada area pegunungan menggunakan medan yang berat. Menelisik sejarahnya, Sepeda gunung atau Mountain Bike ini dicetuskan ke public pertama kali dalam tahun 1970 pada sebuah perbukitan San Francisco. Sepeda gunung ini umumnya mempunyai rangka yang terbuat berdasarkan pipa ukuran akbar agar sepeda kuat dan kokoh dibandingkan sepeda generik lainnya.

Ukuran roda jenis sepeda gunung ini umumnya berukuran 26 inci. Tapak ban tipe sepeda ini biasanya lebar sebagai akibatnya mempunyai kemampuan cengkram tanah dan batu pada area perbukitan. Selain itu, sepeda gunung memiliki 3 gear depan & 10 gear belakang. Jenis sepeda gunung ini pula bergantung dari suspense dan medan yg dilalui. Jadi, perlu diperhatikan baik-baik cara memilih sepeda gunung yg sinkron menggunakan kebutuhan.8. BMX

Sepeda BMX atau Bicycle Motorcross ini sepeda yg dirancang untuk atraksi dan freestyle. Jenis sepeda BMX ini adalah salahsatu olahraga terkenal yang populer dari California, Amerika Serikat tahun 1960-an. Bahkan Indonesia pernah mengirim seorang atlet putra sepeda BMX buat bertanding di Olimpiade Rion dalam tahun 2018 lalu.

Jenis sepeda BMX ini memang terbilang terkenal di kalangan milenial sekarang ini. Bahkan pemerintah jua telah banyak menyediakan sarana bermain atau latihan yg layak untuk para penggiat sepeda BMX. Sepeda BMX memiliki roda yg nir begitu akbar, dengan bingkai yg minidan agak miring, dan jok yang rendah. Jadi, membuat para pengguna sepeda ini permanen seimbang walaupun melakukan aksi yg ekstrem.9. Commuter Bike

Sepeda commuter Bike ini spesifik dibuat untuk sepeda perjalanan jauh ataupun dekat. Oleh sebab itu, sepeda ini dilengkapi dengan lampu penerang pada bagian depan dan belakang. Commuter bike ini bisa dibilang seperti sepeda dalam umumnya, yang biasa digunakan buat berpergian.

Dibutuhkannya penerang supaya memudahkan penglihatan bila harus pergi ketika pagi buta maupun malam hari. Selain itu, sepeda ini juga dilengkapi menggunakan chain guard untuk melindungi bagian rantai supaya kain celana panjang nir tersangkut.10. Cyclo-Cross

Sepeda Cyclo-Cross ini adalah jenis sepeda balap menggunakan trek yg multi kondisi. Biasanya Balap sepeda jenis ini nir hanya butuh kecepatan pengendaranya, namun pula butuh teknik yg ciamik pada menaklukkan kontur trek yg becek, tanah liat, berpasir, dan cadas. Beda halnya menggunakan road bike yang cenderung balapan di trek yg relative homogen.

Komponen jenis sepeda ini dirancang lebih bertenaga dibanding sepeda balap lainnya. Bahan sepedanya ini pula terbuat dari baja tebal menggunakan kekuatan maksimum. Hal itu agar sepeda dapat mengimbangi benturan, gundukan, dan lompatan. Ukuran ban yang dipakai tipe sepeda ini jua terbilang akbar dibandingkan menggunakan sepeda balap lainnya.11. Sepeda Balap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *