[gowesceria] Pedoman Menentukan Ukuran Sepeda Yg Cocok Buat Engkau ! Yg Hobi Gowes Wajib Memahami! – Majalah Mi Fan Club – Xiaomi Community – Xiaomi

Bagaimana kabarnya? Sehat?

Disini aku akan melanjutkan pembahasan di thread sebelumnya, tentang panduan menentukan sepeda menurut jenis-jenis sepeda. Pembahasan dalam thread kali ini merupakan tentang Bike Fit (Ukuran Sepeda) yang cocok & nyaman ketika bersepeda. Pemilihan ukuran yang sempurna itu penting untuk ketenangan pesepeda, kesehatan (ukuran keliru bisa menyebabkan otot tertarik), dan keselamatan pesepeda.

Frame sepeda balap & sepeda gunung memiliki ciri yang tidak sinkron, jadi pengukurannya juga tidak sinkron untuk keduanya. Sepeda dijual pada beberapa berukuran, & umumnya orisinil pabrik sepeda memberi tabel berukuran sepeda yg cocok dari tinggi badan. Tabel itu nir selalu keliru, dan nir selalu betul. Karena bentuk tubuh manusia itu berbeda-beda, dan ketenangan setiap orang adalah sangat personal. Namun yg paling baik adalah test ride atau mencoba sepeda yang akan kita beli.

Berikut aku tampilkan tabel data dikutip dari situs: https://www.polygonbikes.com/id/bike-sizing-guide/

Sepeda Gunung / Mountain Bike (MTB)

Hybrid Bike Tinggi Badan (cm) 150 – 160160 – 170170 – 180180 – 190Ukuran SMLXL

Faktor yg menghipnotis ukuran frame sepeda yg cocok merupakan tinggi badan dan inseam (jarak pangkal paha ke lantai). Cara mengukur inseam merupakan, berdiri tegak, kenakan sepatu, buka kaki selebar 30cm, kemudian ukur jarak antara pangkal paha menggunakan tanah, itulah nomorinseam.

Ketika kita sedang mencoba sepeda, berikut hal yang perlu kita perhatikan buat mengetahui ukuran yang sinkron:

Berdiri di frame sepeda

Pakai sepatu sepeda, kemudian berdiri pada sepeda dengan tengah frame di tengah kaki, pastikan kaki homogen pada lantai. Jika kita nir bisa berdiri pada atas frame sepeda, merupakan sepeda kebesaran untuk kita. Lihat jarak antara top tube menggunakan pangkal paha, jarak itu dinamakan clearance. Clearance ini berguna buat seberapa cepat jika kita harus menstabilkan diri menggunakan berdiri saat sepeda berhenti apalagi ketika harus berhenti mendadak. apabila clearance lebih dari 10 cm, sepeda itu terlalu miniuntuk ukuran kita.

Untuk sepeda balap, bila top tube sepeda tersebut datar, sisakan clearance 2.5 cm; sedang bila top tube miring sisakan clearance lima centimeter  atau lebih.

Untuk sepeda gunung, sisakan clearance 5cm, atau apabila itu merupakan sepeda full suspension bisa disisakan 2,5cm – 5cm.Posisi badan atas

Selanjutnya dampak ETT (effective top tube), ETT merupakan panjang jeda mendatar antara seat tube dengan heat tube. Duduk di atas sepeda, posisikan tubuh sampai tangan menjadi penumpu buat menahan guncangan, dan tangan tidak terlalu jauh buat memegang rem. Pastikan anda menentukan sepeda dengan panjang effective top tube yang sinkron.

Untuk sepeda balap,tulang punggung membangun sudut 90 derajat dengan paha. Tulang punggung membangun 90 derajat dengan lengan. Dan posisi kaki dalam jarak pedal paling bawah menciptakan sudut kurang lebih 150 derajat. Setting/atur komponen sepeda hingga sanggup mencapai posisi ini, bila tidak sanggup maka usahakan kita wajibmencari sepeda yg lain. Atau menambah atau mengganti part sepeda supaya mampu di posisi tadi.

Untuk sepeda gunung, hal ini tidak terlalu kritikal, karena posisi bersepeda umumnya lebih tegak. Apalagi buat offroad yg membuat kita jarang duduk, posisi duduk yg sempurna itu nir menjadi masalah akbar. Tetapi apabila kita akan lebih sering memakai sepeda pada jalan homogen, maka pedoman menurut posisi sepeda balap di atas bisa sebagai acuan.

Jika kita merasa ada 2 berukuran sepeda yg cocok atau hampir sama, dan gundah buat menentukan ukuran mana yang lebih rupawan, jawabannya merupakan menentukan berukuran yang lebih mini. Sepeda dengan berukuran yg lebih minimampu ditambah ketinggiannya menggunakan menaikkan posisi tempat duduk, atau mengubah stem sepeda menggunakan yg lebih panjang buat jangkuan tangan yang lebih jauh. Sepeda yang lebih minijua lebih gampang di kontrol, menaruh keseimbangan yang lebih baik, & posisi kaki yang lebih baik buat menapak pada tanah, buat kemanan & keselamatan bersepeda.

Oke, selesainya kita mengetahui jenis sepeda dan berukuran yg cocok untuk tubuh kita, maka ada hal lain yg perlu kita perhatikan sebelum memilih sepeda dan akan dibahas di thread selanjutnya!

Sampai jumpa di thread selanjutnya!

https://www.sepeda.me/sepeda/panduan-memilih-sepeda-berukuran-sepeda.html

Panduan Ukuran Sepeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *